Ramadan, untuk Merutinkan 5 Ibadah Sunnah Ini

Cerita Wenny1 Comment

You Are Here:Ramadan, untuk Merutinkan 5 Ibadah Sunnah Ini

Ramadan menurut saya adalah ajang latihan untuk membiasakan diri melakukan ibadah-ibadah rutin harian. Baik itu ibadah wajib. Maupun ibadah sunnah. Bagi saya, Ramadan di tahun ini, ajang untuk membiasakan diri melakukan ibadah sunnah.

Saya sering melalaikan ibadah sunnah. Alasan utamanya sering karena tidak ada waktu. Atau tidak sempat. Nah, di Ramadan ini, kesempatan itu terbuka lebar. Ada toleransi dari banyak pihak bagi mereka yang hendak beribadah.

Selama satu bulan kita mendapatkan waktu untuk membiasakan diri melaksanakan ibadah-ibadah. Harapannya, tentu saja, ibadah-ibadah itu menjadi kebiasaan yang juga dilanjutkan pelaksanaannya di bulan-bulan berikutnya.

Apa saja ibadah sunnah itu? Kalau menurut saya sih ini,

1. Salat Wajib di Awal Waktu

Salat wajib bagi sebagian orang sudah purna dilaksanakan lima kali dalam sehari. Namun, yang mungkin masih belum dilaksanakan adalah salat di awal waktu. Para ulama sepakat, bahwa yang paling afdhol adalah mengerjakan salat di awal waktu. Kecuali untuk salat isya dan salat zuhur.

Ada hadist-nya nih.

“Dan datanglah orang-orang setelah mereka yang menyia-nyiakan salat.” (QS. Maryam: 59)

Ibnu Jarir dalam kitab tafsirnya berkata, dari Al Auza’i, dari Musa bin Sulaiman, dari Al Qosim bin Mukhoymiroh, Al Qosim berkata bahwa yang dimaksud ayat ini, “Mereka yang menyia-nyiakan waktu salat. Sedangkan jika sampai meninggalkan salat, maka kafir.”

Bagaimana di bulan Ramadan ini kita bisa membiasakan diri melaksanakan lima kali salat wajib dengan tepat waktu.

sujud
sumber gambar: myvoicecanada.com

2. Salat Sunnah

Salat sunnah ada banyak jenisnya. Namun, menurut saya, yang bisa dibiasakan bagi yang ingin menjadi ahli ibadah itu ada tiga. Yakni, salat dhuha, salat tarawih, dan salat witir.

Salat dhuha dilaksanakan ketika pagi menjelang siang. Salat tarawih itu salat malam. Kalau di luar Ramadan, disebut juga dengan salat tahajud. Sementara salat witir adalah salat penutup salat malam.

Ada sebuah hadist. Dari ‘Ali, ia berkata bahwa Rasulullah SAW. bersabda, “Sesungguhnya di surga ada kamar yang luasnya bisa dilihat dari dalamnya dan dalamnya bisa dilihat dari luarnya.” Lantas orang Arab Badui ketika mendengar hal itu langsung berdiri dan berkata, “Untuk siapa keistimewaan-keistimewaan tersebut, wahai Rasulullah?” Beliau SAW pun menjawab, “Itu disediakan bagi orang yang berkata baik, memberi makan (kepada orang yang butuh), rajin berpuasa, dan melakukan salat di malam hari ketika manusia terlelap tidur.” (HR. Tirmidzi no. 1984) dan Ahmad 1: 155)

3. Baca Al Quran

Ramadan itu sesungguhnya itu tentang Al Quran. Di bulan ini, Al Quran turun sebagai petunjuk dan penuntun jalan umat muslim seluruh dunia.

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan. Bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran.” (QS. Al Baqarah [2]: 185)

Malam ketika Al Quran diturunkan itu disebut juga dengan malam Lailatul Qadar.

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan.” (QS. Al Qadar [97]: 1)

Malam Lailatul Qadar, namun demikian, tidak ada yang bisa memastikan kapan datangnya. Kalau Nabi Muhammad SAW. bersabda, di malam ganjil di sepuluh hari terakhir Ramadan. Karena itulah, ibadah di sepuluh malam terakhir Ramadan itu harus digenjot.

“Carilah Lailatul Qadar di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadan.” (HR. Bukhari)
quran
sumber gambar: learning-quran.com

Nah, di luar pembahasan malam Lailatul Qadar, membaca Al Quran di bulan Ramadan ini pahalanya, MasyaaAllah, besar sekali.

“Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan “alif lam mim” satu huruf. Akan tetapi, Alif satu huruf, Laam satu huruf, dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469)
“Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam dituliskan baginya pahala salat sepanjang malam.” (HR. Ahmad dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6468)

MasyaaAllah. Makanya, umat muslim berlomba-lomba mengkhatamkan Quran di bulan ini.

4. Sedekah

Keutamaan sedekah sangat banyak. Terlebih di bulan Ramadan. Saya sarikan yang berdasarkan hadist ya…

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192 dari Zaid bin Khalid Al-Juhani)
sedekah
sumber gambar: megapolitan.kompas.com
“Sedekah itu memadamkan dosa sebagaimana api dapat dipadamkan dengan air. Begitu pula salat seseorang selepas tengah malam.” (HR. Tirmidzi no. 2616 dan Ibnu Majah no. 3973)

5. Puasa

Dan membiasakan puasa itu sendiri. Menahan rasa lapar dan haus. Menahan nafsu untuk menikmati makanan dengan berlebihan. Mengontrol hawa nafsu untuk marah-marah atau sebal atau kesal atau benci. Puasa marah-marah.

“Supaya yang kaya dapat merasakan penderitaan orang yang lapar. Itu supaya ia tidak melupakan deritanya orang yang lapar.” (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 300)
kurma
sumber gambar: olivetreenutrition.com

Itu dia. Lima ibadah harian yang bisa dilatih untuk dibiasakan ketika bulan Ramadan ini. Kalau memang bisa berlanjut hingga keluar bulan Ramadan. MasyaaAllah, itu berkah Ramadan. Di bulan Ramadan berikutnya, target kita bisa yang lain lagi.

Sumber Data Tulisan:
1. Lailatul Qadar dan I’tikafmuslim.or.id
2. Keutamaan Mengkhatamkan Al Quran di Bulan Ramadhan – muslim.or.id
3. 7 Alasan Banyak Sedekah di Bulan Ramadhan – rumaysho.com
4. Shalat di Awal Waktu – rumaysho.com

About the author:

Ibu rumah tangga baru yang sedang belajar menjadi calon ibuk.

One thought to “Ramadan, untuk Merutinkan 5 Ibadah Sunnah Ini”

  1. Saya juga sedang belajar nih, terutama sedekah dan puasa sunnah. Tak jarang di luar Ramadan masih sering pelit dan hitung-hitungan kalau mau kasih donasi. Terima kasih sudah diingatkan. Semoga Ramadan meninggalkan jejak positif di hati kita ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top