Blog Challenge

5 Blogger Langganan Juara Kompetisi

Bismillah.

Tantangan hari ke-9 adalah “5 Blogger Favorit”. Kalau ngomongin favorit, ada banyak sekali blogger favorit saya. Perlu dikategorikan biar tahu ada berapa banyak favorit saya. Nah, untuk postingan kali ini, saya kategorikan jadi “5 Blogger Langganan Juara Kompetisi”.

Saya sedang giat-giat-nya ikut kompetisi blog. Memaksimalkan potensi diri, ceritanya. Kalau menang, hadiahnya buat tabungan Abdillah. Hihihi.. Aamiin.

Karena itu, saya rajin juga kepoin blog para juara kompetisi-kompetisi blog. Memang, ya, rata-rata blogger juara itu punya blog yang asique kemasannya. Masing-masing memiliki kelebihan. Ada yang kekuatannya pada tulisan. Ada juga yang kekuatannya di desain. Ada juga yang kedua-duanya. *PeningPalaBerbie

Saya banyak belajar dari blog-blog para pemenang itu. Sini, saya jabarkan satu per satu.

1. Langit Amaravati – www.langitamaravati.com

Nama aslinya Susan. Yang sudah akrab biasa menyapanya dengan sebutan Teh Uchan. Ia orang Bandung dan masih tinggal di Bandung. Karena saya mengenalnya lewat blog, saya memanggilnya dengan sebutan Teh Langit.

Pada blog, ia mendiskripsikan dirinya sebagai seorang penulis, blogger teknologi, dan desainer grafis dan web. Cobalah tengok blog-nya, eye catching sekali dan sangat canggih (bagi saya).

Teh Langit menyebut dirinya ‘beberapa’ kali menang lomba. Padahal, aselinya, sih sering. Kalau baca tulisannya yang memenangi lomba, saya langsung menciut. 

“Oh, keren gini. Pantas menang,” kata saya dalam hati.

Kekuatannya ada pada gaya storytelling dan ekstra media yang ia sematkan dalam tulisan. Apakah itu foto atau infografis. Terlihat sekali ‘niat’-nya dalam mengikuti lomba.

Di blogpost-nya yang bercerita tentang kiat menang kompetisi blog, ia memang menekankan kesungguhan dalam berkarya. Dia bahkan melakukan riset atau percobaan untuk ikut dalam sebuah lomba review produk.

Saya jadi ingat petuah seorang jurnalis senior yang saya kenal. Ia berkata, “Tulisan yang menang lomba itu tulisan yang berpeluh.” 

Berpeluh alias mengeluarkan keringat dalam proses pembuatannya. Karya itu akan menjadi karya yang mahal. Ganjarannya, ya itu, juara 1 dalam lomba.

Istilahnya: “Hasil Tidak Akan Mengkhianati Proses.”

2. Nyonya Malas – www.nyonyamalas.com

Si nyonya malas ini memiliki nama asli Emanuella Christanti. Dalam laman about me-nya, ia menyebut dirinya sebagai blogger lifestyle. Ia menyukai dunia kreatif: bebikinan piranti rumah dan mainan dengan bahan-bahan yang mudah didapat.

Pertama kali membaca nama blognya, entah mengapa saya langsung ingat terus dengan nama itu: nyonya malas. Apakah ia aslinya seorang yang malas? Saya rasa tidak. Nama itu semacam majas yang menunjukkan betapa humorisnya ia.

Pos-pos blog-nya sebagian besar tentang kesehariannya. Dituturkan dengan gaya bicara santai layaknya bercakap-cakap dengan kawan. Saya pasti ketawa sendiri kalau baca blogpost-nya. Apapun judulnya.

Kesannya tak serius ya? Tapi pasti ada ilmu juga yang saya dapat dari tulisan-tulisannya. Mungkin inilah yang membuat ia sering menang lomba juga. 

Monggo, silakan dikunjungi blog milik ibu muda beranak satu itu.

3. Isnaini Khomarudin – www.belalangcerewet.com

Kesan saya dengan namanya: perempuan nih. Tapi ternyata laki-laki. Nama panggilannya pun laki-laki sekali: Rudi.

Di mesin pencarian Google, namanya dikaitkan sebagai penerjemah ataupun editor buku. ‘Wah, tulisannya bagus nih,’ pikir saya seketika. Dan begitu menemukan blog-nya, hati saya langsung mencelos.

Ffffiuh. Memang keren tulisannya.

Bang Rudi si belalang cerewet ini, ujarnya dalam satu postingan blog-nya, menjadikan blog sebagai ladang usahanya. Ia rajin mengikuti lomba blog dan menghadiri undangan event. Kalau melihat laman “keranjang hadiah” kemenangannya, langsung mupeng. “Mau doooong kayak gitu.”

Bang belalang cerewet pun berbagi tips supaya menang lomba. Tipsnya itu, tulisan kita harus SIMPLE. Yakni, Systematic (Runtut), Intact (Komplet), More (Ekstra), Precise (Tepat dan Personal), Lucrative (Bernilai Manfaat), dan melalui Editing (Pemeriksaan Naskah). Lebih lengkap tentang tips SIMPLE itu sila berkunjung ke blognya ya…

4. Danan Wahyu – www.dananwahyu.com

Nama lengkapnya Danan Wahyu Sumirat. Dia ini satu dari banyak suhu blogger di komunitas yang saya ikuti: Blogger Kepri.

Aduuuh… orangnya kocak sekali tapi juga nyinyir abis. Kalau udah ngomongin soal dunia blog, pandangannya selalu out of the box. Nyelekit tapi memang iya banget.

Pria yang tubuhnya berisi ini punya motto ‘totalitas’ saat nge-blog. Ia blogger travelling paruh waktu. Pekerjaan utamanya adalah pegawai swasta.

Namun, meskipun paruh waktu, aktivitas nge-blog itu ia jalankan dengan sepenuh hati. Ia menulis sepanjang-panjangnya dan menyematkan foto sebanyak-banyaknya.

Sifat royalnya itulah yang membuat job content placement berdatangan. Sering, tulisan hasil jalan-jalannya nampang di media.

Dia bukan tipe orang yang suka berburu lomba blog. Tapi  sekalinya ikut lomba, beeeewwwh, lewat yang lainnya.

5. Dian Radiata – www.adventurose.com / www.dradiata.com

Saya memanggilnya nama Mba Dee. Dia ini juga tetua blogger di Komunitas Blogger Kepri. Kepiawaiannya mengolah kata-kata sudah tak diragukan lagi. Padahal, ia anak teknik yang sehari-hari berkutat dengan mesin.

Blognya mengusung niche travelling, pada awalnya, lalu lambat laun merambah niche lifestyle. Tulisan travellingnya sering nampang di media cetak, bahkan sebelum travelling menjadi gaya hidup masa kini.

Mba Dee ini sering menang lomba. Mau apapun yang ditulisnya, pasti menang.

Mungkin karena tulisannya mengalir. 
Saya suka membaca tulisan Mba Dee. Hanyut. Hingga tanpa sadar sudah tiba di tepi daratan. Kadang saya berakhir dengan gumaman, “Yah… Kok udah selesai aja.”

Mba Dee orangnya suka berbagi. Mungkin ini juga resep ia selalu menang lomba. Rejekinya tak putus-putus. Aamiin. 

Itulah dia 5 blogger jawara versi saya. Ada tips menang yang bisa saya petik dari mereka. Kalau kamu, suka yang mana? [w]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *