Blog Challenge

I Heart Parenting Blogs

Dunia saya berubah ketika Abdillah lahir ke dunia. Apapun yang terjadi pada anak pertama saya itu, Google selalu menjadi tempat bertanya. Dari sederet jawaban yang ia suguhkan, saya senang mencari artikel dari blog personal.

Kenapa? Karena itu berarti sudah dibuktikan dengan pengalaman mereka sendiri.

Seperti yang saya lakukan saja. Saya menulis setelah saya mencoba atau mengalami hal-hal yang hendak saya tulis itu.

Setelah membaca dua atau tiga blog, barulah saya beralih ke situs profesional. Misalnya, nakita.grid.id.

Karena sering berselancar menimba ilmu parenting dari dunia maya, jadilah saya mulai menyukai dunia parenting dan serba-serbinya. Menarik membaca kisah para ibu milenial kala membersamai buah hati mereka. Kadang tertawa sendiri, kadang sedih juga, dan lebih seringnya berujung pada “Ooo… Begini ya ternyata.”

Pada akhirnya, untuk mengikat ilmu, saya juga menulis pengalaman saya tentang pengasuhan anak di blog. Ya, saya mengusung tema parenting pada blog saya ini. Kalau masih ada unsur gado-gadonya, saya usahakan tetap ada citarasa parenting-nya. Hehe.

Tema Blog Lain Yang Kusukai

Tema, atau dalam dunia blogging disebut juga dengan niche, banyak sekali ragamnya. Saya sebutkan beberapa ya… Ada parenting, health, food and nutrients, blogging, travelling, beauty and fashion, hobbies, home decor, technology, animals, ataupun plants. Nah, hobbies itu juga bisa dipecah-pecah lagi tuh sampai spesifik merunut ke hobinya. Misalnya, hobi bercocok-tanam kaktus.

Dari sekian banyak niche blog itu, saya paling suka parenting (lah pan udah ente tulis di atas! Gimana sih?) Eh, iya juga tapi tak apalah saya ulang di sini.

Tema parenting menduduki peringkat pertama tema blog yang saya sukai. Setelah itu, saya menyukai tema kesehatan. Well, bagaimanapun, masalah kesehatan itu selalu ada saja dalam keseharian saya. Entah saya yang bermasalah atau suami dan sanak keluarga. Eh, masalah kesehatan mas baby juga sering saya googling di blog-blog kesehatan.

Peringkat ketiga adalah tema makanan dan nutrisinya (food and nutrients). Mas baby sekarang sedang mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI). Saya sadar diri tidak bisa memasak. Makanya, saya butuh blog-blog bertema makanan dan nutrisi untuk memberikan ilmu gizi pada saya. Setidaknya, di 1000 hari pertama kehidupan mas baby ini, saya bisa memberikan gizi yang baik untuk pertumbuhan organ-organ tubuhnya. Terutama, organ otak.

Keempat, saya menyukai blog dengan tema blogging. Whuah! Meskipun sudah memulai blog dari delapan tahun yang lalu, saya tetap masih buta dengan diary online ini. Apalagi sekarang sudah ada yang namanya SEO-lah, Algoritma Google-lah, Adsense-lah, dan banyak -lah yang lainnya. Saya fakir ilmu di dunia blog ini. Maka dari itu, saya menyukai blog dengan tema blogging karena saya membutuhkan ilmunya.

Barulah kemudian, saya menyukai blog dengan tema travelling atau jalan-jalan. Ayoooo… Siapa yang nggak suka jalan-jalan? Cung!

Hampir bisa dipastikan tidak ada yang ngacung ya?! Jaman sekarang tak suka travelling? Bisa-bisa dirundung orang sekampung.

(Yah, sebenarnya tak apa-apa sih kalau enggak suka. Nggak usah dipaksakan untuk suka juga. Masing-masing orang memiliki hal yang ia sukai dan tak ia sukai.)

Nah, saya sampai sekarang masih suka jalan-jalan dan berharap bisa jalan-jalan sama suami dan mas baby. Lalu pengalamannya ditulis dan di-share di blog. Hehehe.. Ngarep! Nabung dulu, cyin! Saldo tabungan sudah sampai batas limitnya nih jadi harus kencangkan ikat pinggang dulu.

Sebagai penawar rindu hasrat jalan-jalan, saya bertandang ke blog travelling. Setidaknya, membaca dua atau tiga blog tentang travelling. Kalau lebih dari itu, saya bukan terinspirasi. Tetapi malah jadi depresi. Hihihi.. Makanya, blog dengan tema travelling saya posisikan di peringkat kelima blog yang saya sukai.

Tema-tema lain. Tema-tema lainnya yang juga saya sukai namun jarang saya kunjungi sejak menjadi ibu adalah blog dengan tema kecantikan (beauty), busana (fashion), buku, dan dekorasi rumah. Saya mengunjungi blog-blog itu biasanya karena hendak blogwalking.

Special Things

Tema, namun demikian, bukanlah hal yang menentukan suka-tidaknya saya pada sebuah blog. Saya menyukai sebuah blog biasanya karena 3 hal spesial. Yakni,

  • Blog Tidak Berat

Ini syarat utama. Kalau saya berkunjung ke sebuah blog dan blog itu tak segera terbuka, saya langsung meninggalkannya dan membuka blog lain.

  • Tulisan Enak Dibaca

Ada sebuah blog yang temanya sangat jarang dimiliki blogger nusantara namun, blog-nya selalu ramai dikunjungi. Blog itu tentang kuburan.

Penasaran saya dibuatnya saat teman blogger menceritakan perihal blog dan blogger tersebut. Akhirnya saya mulai menyambangi dan whoala.. tulisannya memang enak dibaca. Jauh dari kesan angker.

  • Blog Teman Dekat

Nah, ini nih. Mau blog-nya berat, mau tulisannya tak enak dibaca, mau temanya gado-gado, kalau sudah teman sendiri yang buat, pasti dikunjungi juga. Apalagi kalau teman itu kawan curhat, hehe, wajibun dikunjungi deh.

Tabik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *