Jurnal Kegiatan Anak

MPASI dengan Alpukat

Yeay! Masa tiga hari pengenalan rasa buah pisang sudah habis. (Ceritanya bisa dibaca di sini.) Sekarang gantian pengenalan rasa buah kedua. Mamak pilih buah … jeng jeng jeeeng … … alpukat!

🌱🌱🌱


Alpukat atau avocado ini mamak pilih karena teksturnya yang udah lembut. Jadi nggak payah-payah buat ngolahnya. Bisa langsung dibejek-bejek a.k.a dilumatkan pakai sendok atau dihaluskan dengan blender. Mamak pilih pakai blender saja. Biar cepat.

Pertama kali makan, porsi yang bisa masuk mulut seperempat butir aja. Yang diblender sih tetap setengah butir tapi hasilnya dibagi dua. Setengah bagian disuapkan ke anak, setengah lagi disimpan di kulkas.

Niat hati sih untuk makan siang atau sore. Ternyata eh ternyata, nggak bagus. Warnanya berubah kecokelatan di permukaannya meskipun yang bagian dalam tetap hijau. Agak risau juga mau disuapkan lagi ke Abdillah.

Jadilah, untuk makan sore, bikin baru lagi setengah butir. Daaaaann.. h a b i s! Duh… mamak bahagia sekali. Rupanya anak lanang ini suka sama alpukat. Alhamdulillah.

Sore itu juga cari alpukat lagi untuk stok makan keesokan harinya. Tapi sayang, di hari berikutnya, puree alpukat itu nggak habis disantapnya. Pas mamak coba rasa, memang agak pahit dan agak brindilbrindil gitu teksturnya. Ga-gal!

Tapi hari ini saya coba lagi kasih alpukat. Alpukatnya diperam dulu semalam. Hasilnya, lumayan manis dan, alhamdulillah, dia suka. Meskipun cuma habis seperempat butir. It’s okay-lah, Nang!

Pup-nya Gimana?

Di hari pertama menyantap pureepokat‘, anak saya ini tak ada pup. Baru keesokan harinya, dia pup sampai tiga kali. Hampir setiap kali buka popok, pasti ada pup-nya.

Pup-nya lembik dan halus. Namun warnanya tetap kuning keemasan. Harumnya masih khas-lah.

Manfaat Buah Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya gizi. Ia memiliki, setidaknya, 18 jenis asam amino essential, lemak tak jenuh, omega-3 asam lemak, karotenoid, phytonutrient, selenium, seng, pitosterol, vitamin A, C dan E.

Bila diolah menjadi MPASI, manfaat alpukat bagi mas baby antara lain:

🌱 Mencerdaskan
Kandungan lemak baik dalam alpukat mampu membantu perkembangan otak mas baby.

🌱 Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan karotenoid dan phytonutrient dalam buah alpukat menjadi sumber dari vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

🌱 Melindungi Hati
Kandungan zat gizi dalam alpukat berguna untuk menunjang perkembangan organ hati si kecil.

🌱 Mendukung Tumbuh-Kembang Bayi
Kombinasi vitamin dan mineral dalam alpukat baik untuk kesehatan bayi terlebih di masa pertumbuhan dan perkembangannya ini.

🌱 Mengatasi Sembelit
Anti-oksidan yang terkandung dalam alpukat dapat menghindarkan mas baby dari sakit perut.

🌱 Mencegah Peradangan dan Iritasi
Anti-oksidan itu juga mampu mencegah peradangan dan iritasi. Serta mempercepat penyembuhan luka, jika si kecil sedang mengalami luka.

grafis manfaat buah alpukat

Yuk, dicoba! [w]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *