#AyoBukaBuku

#AyoBukaBuku: Nabi Yunus di Perut Paus – My Favourite Quran Stories

Saya sedang menidurkan Abdillah dalam gendongan. Rayya yang melihat langsung bilang, “Sambil dengerin lagu ya, Mi.”

Saya mengiyakan. Abdillah sudah tidur, cuma tinggal di-buai-buai aja biar tidurnya lebih nyenyak. Sedikit suara rasanya tidak apa-apa.

Rayya membawa boneka Hafidzah-nya dan menyetel lagu-lagu. Ternyata dia sedang suka lagu tentang Nabi Yunus dan Ikan Paus. Diputarnya ber-ulang-ulang kali lagu itu.

Dia tahunya judul lagu itu ‘Prepieus’. Ini karena setelah lagu selesai, untuk kembali ke lagu itu kami harus menekan tombol « (replay) dan ada suara anak yang menyebut ‘previous‘ dengan kencang ketika kami menekan tombol itu. Jadilah Rayya mengira lagu itu berjudul ‘previous‘, ia mengucapkannya ‘prepieus‘.

“Kakak mau lagu yang prepieus itu lho, Mi.”

Haha. Lawak kali anak ini.

Nah, bait akhir lagu itu begini:

Akulah ikan paus yang besar.
Hewan laut terbesar, kuat, dan hebat.
Senangnya hatiku Allah ciptakan.
Kisahku tertulis dalam Al Quran.

Begitu dengar lirik itu, dia langsung minta diambilkan Al Quran dan diceritakan soal Nabi Yunus dan Ikan Paus dari sana. Mamak gagap. Di surat mana ya kan, ayat ke berapa pulak.

Rayya dan buku My Favourite Quran Stories

Lalu mamak ini ingat, Rayya punya buku cerita kisah dari Al Quran. Di sana pasti ada, pikirku. Saya minta dia mencari buku itu di rak. Alhamdulillah ketemu bukunya dan setelah dicari, ada juga cerita Nabi Yunus dan Ikan Paus.

Judul ceritanya: Nabi Yunus di Perut Paus. Dia cerita ke-12 dalam buku My Favourite Quran Stories: Kumpulan Cerita Islami Terbaik untuk Anak . Meskipun judulnya dengan bahasa Inggris, kisah-kisah di dalamnya diceritakan dalam bahasa Indonesia. Ada ilustrasinya juga.

My Favourite Quran Stories ini menceritakan kisah-kisah dalam Al Quran dengan bahasa yang mudah dipahami anak-anak. Memang sih, tulisannya lebih banyak dari gambar ilustrasinya. Ini jenis buku dongeng bed time stories gitu kayaknya sih.

Jadi kalau kami baca buku itu, saya yang baca dan Rayya lihat ilustrasinya. Dengan ilustrasi itu, dia bisa berimajinasi dari cerita yang saya tuturkan. Dia juga akan bertanya lebih detil dari ilustrasi-ilustrasi itu. Mamak yang harus putar otak cari jawabannya.

Tentang Nabi Yunus dan Ikan Paus

Pernah dengar nggak, ada nabi yang sempat dimakan ikan paus? Tapi dimuntahkan lagi. Nah, itulah Nabi Yunus.

Bagian dalam buku My Favourite Quran Stories. Ini bagian cerita Nabi Yunus di Perut Paus

Dikisahkan, Nabi Yunus diutus Allah untuk membuat penduduk Ninawa bertobat. Ninawa ini nama sebuah negeri yang diperintah oleh Raja Hazqiya. Seluruh penduduk negeri, kala itu, berada dalam kesesatan.

Nabi Yunus pun mengajak seluruh penduduk untuk bertobat. Namun, mereka menolak. Berulang kali seperti itu hingga kemudian Nabi Yunus menyerah. Ia meninggalkan mereka dengan sebuah peringatan akan adanya azab bila mereka tidak berubah.

Tetiba, suasana berubah. Langit gelap, angin bertiup kencang, dan kilat menyambar-nyambar. Ketika hendak pergi itulah, Nabi Yunus melihat sejumlah warga berbondong-bondong menaiki kapal. Ia pun ikut antrean.

Sampai di tengah lautan, suasana semakin bertambah mencekam. Kapal terombang-ambing seperti hendak tenggelam. Warga berasumsi harus ada yang dikeluarkan dari kapal supaya kapal tak tenggelam. Mereka mengundi dan Nabi Yunus kalah.

Nabi Yunus lalu diterjunkan ke lautan dan seekor ikan paus pun menyambarnya. Di perut ikan paus, Nabi Yunus pasrah dan berdoa minta ampunan. Allah mendengar doanya dan meminta ikan paus mengeluarkan Nabi Yunus dari dalam perutnya. Masya Allah. []

Sampul depan buku My Favourite Quran Stories
My Favourite Quran Stories: Kumpulan Cerita Terbaik untuk Anak
Penulis: Nugraha Putra
Komunitas LangitBiru
Desain dan Ilustrator: Inner Child Studio
2012, Citta Media Indonesia
Cat’s Pyjamas Books

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *