Infografis,  Kesehatan

Cara Mendaftar ‘Online’ di RS Roemani Muhammadiyah Semarang

RS Roemani Muhammadiyah Semarang termasuk dalam jajaran rumah sakit umum bertipe C. Jadi, rumah sakit ini dapat menjadi rujukan pertama setelah berobat di fasilitas kesehatan tingkat 1 atau faskes pratama – jika menggunakan jaminan BPJS Kesehatan.

Tulisan ini, namun demikian, tidak hanya diperuntukkan bagi pemegang kartu BPJS Kesehatan saja. Tetapi semua orang yang hendak berobat atau memeriksakan kesehatan di sana. Sebab, sekarang, pendaftaran di RS Roemani sudah berbasis online.

Pendaftaran online di RS Roemani dapat dilakukan dengan tiga cara. Yakni, melalui telepon, obrolan Whatsapp, dan laman resmi RS Roemani. Pendaftaran online ini dibuka sejak H-2 hari pemeriksaan. Setiap Senin hingga Sabtu mulai pukul 07.00 – 19.00 WIB.

TELEPON

Nomor teleon yang dituju adalah 024-76442000. Sambungan telepon ini baru dibuka jam 7 pagi. Jadi kalau nelpon jam 6.58 dipastikan gak nyambung.

Sekadar tips, telponlah pada jam 7 teng. Nelpon-nya juga harus terus menerus. Kalau suaranya tut-tut-tut cepat, berarti sedang tersambung ke nomor lain, segera matikan. Lalu segera coba telpon lagi. Jangan beri jeda sedikit pun sampai suara tut tanda tersambung terdengar.

 

OBROLAN WHATSAPP

Format obrolannya begini:

ANTRI#NOMOR REKAM MEDIS#POLIKLINIK#NAMA DOKTER#TANGGAL PERIKSA#JAMINAN PEMBAYARAN BIAYA BEROBAT

catatan: spasinya diganti dengan tanda titik

Misal, Anda hendak berobat ke dokter kandungan dengan Dokter Prima. Formatnya jadi begini:

ANTRI#505055#OBSTETRI.GINEKOLOGI#PRIMA.GESTYLANIA#05052018#BPJS

Seperti hal-nya telepon, pendaftaran melalui obrolan whatsapp juga baru dibuka pukul 07.00 WIB tiap harinya. Jika dikirim sebelum pukul 07.00 pagi akan muncul balasan bahwa pendaftaran belum bisa dilakukan.

Saran saya, kirimlah pesan singkat itu pukul 07.00 teng. Apalagi kalau dokter yang Anda tuju termasuk dokter yang ramai peminatnya. Untuk tipe-tipe dokter seperti ini, kirim pesan WA dulu lalu telepon. Biasanya, kalau dua cara begini langsung GOL. InsyaaAllah.

Oiya, Roemani selalu memberikan balasan untuk pendaftaran via whatsapp ini. Jadi pastikan balasan yang Anda dapatkan berisi kepastian jadwal pemeriksaan dan tentu mendapatkan nomor urut antrian

LAMAN RESMI

Sila klik link RS Roemani ini. Kalau via laman resmi ini, tinggal ikuti tahapan yang tertera. Hanya saja, pendaftaran via laman ini lebih baik jika diakses dengan komputer. Kalau dengan ponsel masih sulit. RS Roemani akan memberikan balasan pendaftaran online via laman itu melalui pesan singkat ponsel.

Tampilan awal laman resmi RS Roemani Muhammadiyah Semarang

 

Anda akan dibawa ke halaman ini setelah mengisi nomor rekam medis Anda

Pendaftaran online ini hanya bisa dilakukan bila Anda sudah memiliki kartu pasien Roemani, sudah memiliki nomor rekam medis di sana. Kalau belum, Anda harus melakukan pendaftaran manual terlebih dahulu dengan datang langsung ke bagian pendaftaran RS Roemani.

 

SETELAH DAFTAR ONLINE, LANGSUNG PERIKSA?

Tidak, pemirsa.  Anda memang sudah terdaftar sebagai pasien dokter yang Anda tuju itu. Tetapi Roemani juga membutuhkan kepastian kalau Anda datang di hari H pemeriksaan. Caranya dengan daftar ulang.

Anda wajib melakukan daftar ulang secara manual di loket pendaftaran. Loket ini buka mulai pukul 07.00 WIB setiap harinya. Pastikan Anda datang pagi supaya mendapat nomor-antrian-daftar-ulang dengan angka kecil. Biasanya, kalau sudah mendaftar secara online, Anda cukup mengatakan ‘online’ pada petugas keamanan yang berjaga di mesin nomor antrian. – Akan ada antrian A, B, dan C pada pendaftaran ulang tersebut. Antrian A untuk pasien yang belum mendaftar secara online alias  daftar langsung alias go show. Antrian B untuk pasien yang tindakannya sudah terjadwal. Dan antrian C untuk pasien yang sudah mendaftar secara online.

Kalau sudah mendapat nomor antrian daftar ulang itu, tunggu hingga nomor Anda dipanggil dan diproses oleh petugas di loket pendaftaran. Anda cukup membawa kartu berobat dan surat kontrol – jika Anda pasien lama dan tidak dijamin BPJS Kesehatan. Namun, bila Anda hendak menggunakan jaminan BPJS Kesehatan, pastikan Anda membawa kartu berobat, kartu BPJS Kesehatan, surat rujukan dari faskes satu, dan surat kontrol.

Demikian tata cara mendaftar online di RS Roemani Muhammadiyah Semarang. Semoga tulisan ini dapat membantu Anda semua yang hendak berobat atau sekadar memeriksakan diri secara berkala di RS Roemani Muhammadiyah Semarang. Semoga selalu sehat. []

 

RS ROEMANI MUHAMMADIYAH

Jalan Wonodri Nomor 22, Semarang – Jawa Tengah 50242

Telp. 024 – 8444623 ; Fax 024 – 8415752

Email: cs@rsroemani.com

15 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *