Makan Petis Kangkung di Warung Rujak Cingur Bu Sri

Ini di Semarang tapi makanan di warung ini punya citarasa Surabaya. Lidah saya sedikit berontak saat diajak makan di warung ini. Beda dengan mama yang sempat besar di daerah Jawa Timur.

Warung Rujak Cingur Bu Sri ini kesukaan mama karena citarasanya khas sekali. Dulu, mama selalu pesan rujak cingur. Belakangan, karena sudah ada larangan makan ‘jeroan’, mama memilih rujak suroboyo. Rujak suroboyo itu rujak cingur yang tanpa cingur.

Kalau saya, saya pesan petis kangkung. Saya sempat berharap, rasanya seperti petis kangkung semarangan yang manis. Tapi harapan hanya tinggal harapan. Petis kangkung di sini juga menggunakan petis khas surabaya, yang dari udang itu.

Rasanya memang nggak sesuai selera tapi ternyata habis juga. Hahaha. Saya kaget juga. Kok habis?! Padahal enggak manis dan enggak pedas. Mungkin ini efek lapar dan hari sedang hujan. (Ada hubungannya nggak ya?)

Petis kangkung di warung ini hanya berisi kangkung rebus dan potongan tahu pong yang disiram dengan petis udang. Kalau mau pedas, ada cabai hijau yang bisa di-ceplus.

Petis kangkung di Warung Rujak Cingur Bu Sri

Sementara, rujak cingur itu isinya cingur, sayuran, dan buah-buahan rujak. Cingur itu mulut, maksudnya, irisan bibir dan moncong sapi yang sudah direbus. Sausnya itu petis yang sudah dicampur dengan ulekan kacang tanah. Enak kok. Buktinya mama jadi pelanggan setia dan begitulah warung ini juga memiliki pelanggan setia yang senantiasa meramaikan warungnya setiap hari.

Padahal, lokasi warungnya bisa dibilang terpencil. Warung Rujak Cingur Bu Sri ini berlokasi di Jalan Pekunden Timur 1 nomor 2 yang termasuk wilayah pemukiman. Namun, ketika makan siang, banyak pelanggan berseragam dinas yang makan di warung ini.

Memang apa kelebihannya?

Kalau mau di-list, keistimewaan utamanya tentu ada pada rasa. Citarasa masakannya khas Jawa Timuran. Makan di sini menjadi obat rindu mereka yang asli Jawa Timur.

Keistimewaan lainnya, menurut saya, ada pada pelayanannya. Begitu duduk, ada pelayan yang datang menanyakan pesanan. Tidak sampai lima menit, minuman yang dipesan datang lalu disusul dengan makanannya.

Kalau mereka melihat piring sudah kosong, mereka akan datang dan ijin mengambil piring-piring kotor tersebut. Ini enak sebab kita bisa mengobrol lagi atau melanjutkan dengan makanan yang lain.

Makanan yang lain itu apa? Warung ini juga menyediakan kolak dan es degan. Atau mau tambah rujak buah? Boleh juga. []

Ini kolak pisang di Warung Rujak Cingur Bu Sri

Ingin mampir, sila ke

Warung Rujak Cingur Bu Sri

Jalan Pekunden Timur 1 Nomor 2 – Semarang

Telepon: (024) 841-1419

Buka pukul 10.00 WIB – 18.00 WIB

Rasa: 4/5
Kebersihan: 4/5
Pelayanan: 5/5
Harga: 4/5

Comments

    1. Post
      Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *